Sabtu, 18 April 2009

Seorang teman baru saja menginstall ulang Windows di komputernya. Sayangnya, semua CD driver bawaan komputer tersebut telah hilang entah dimana. Ketika instalasi Windows selesai, ia menemukan bahwa Windows tidak dapat mengenali sound card yang terdapat pada PC tersebut. Ia mencoba mendownload driver sound card yang ia kira cocok namun tidak berhasil. Setelah beberapa hari, akhirnya ia menyerah dan minta bantuan saya melalui Yahoo Messenger.
Hal pertama kali saya tanyakan adalah "Komputermu branded (ber-merk) atau jangkrik (rakitan) ?" Dia menjawab jangkrik, sambil berkatarepot ya?” HmmsedikitLalu saya bertanya “motherboard mu apa?”. Dia menjawab tidak tahu, lalu bertanyakalau tidak perlu buka casing (PC) bagaimana caranya?”. Lalu saya menjawab, coba download program ini:
Belarc Advisor.
Belarc Advisor merupakan program kecil (1,85 MB) untuk melihat secara detail hardware & software yang terdapat di sebuah komputer. Ketika dijalankan program gratis ini akan menganalisa komputer dan menampilkan hasilnya di browser. Alternatifnya, gunakan...................
Everest Free Edition (gratis namun versi terakhir dirilis tahun 2005) yang besarnya 4 MB. Everest menghasilkan data yang lebih lengkap, namun dalam kasus ini saya rasa Belarc sudah mencukupi.
... PASTI BERHASIL ...

0 komentar: